Kembangkan Aplikasi Komunikasi, Unison Rangkul Ubuntu

17/08/2008 01:10

 


 

LONDON - Unison Technologies telah menjalin kerja sama dengan salah satu pengembang distro Linux Ubuntu Canonical dalam membuat sebuah aplikasi komunikasi untuk distro sistem operasi open-source Linux.

Kerja sama ini dimaksudkan agar aplikasi Unison yang ditujukan untuk small-medium enterprise (SME) bisa berjalan di atas platform Ubuntu, yang mana sebelumnya aplikasi Unison sudah dapat beroperasi di Microsoft Windows.

Penandatanganan kerja sama antara Unison dan Ubuntu berlangsung di sela-sela acara The LinuxWorld Conference and Expo yang diselenggarakan di San Francisco, Amerika Serikat, pada 5 Agustus lalu.

Layakanya aplikasi komunikasi, produk Unison meliputi fitur e-mail, instant messaging (IM), PBX, contacts dan kalender yang mana semuanya tersimpan di dalam satu sever milik Unison Server.

Nantinya semua aplikasi itu akan berjalan di Ubuntu Serve. Di Ubuntu Serve user dapat mengakses server melalui aplikasi Unison Desktop yang tersedia di dalam Ubuntu Desktop Edition maupun Windows.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kabarnya user perlu mengeluarkan uang sekira 25 poundsterling per tahun.

"Kami yakin aplikasi Unison dalam Ubuntu akan seperti killer app bagi sistem operasi Linux yang bisa digunakan untuk SME," tutur chief executive Unsion Michael Choupak, seperti dilansir ZDnet, Minggu (17/8/2008).

Lebih lanjut Choupak menyatakan harapan besarnya dengan terjalinnya kerja sama ini bisa mempercepat bisnis Linux sebagai sebuah kemajuan TI.(OkeZone.Com)

—————

Back